Proses Penggantian (Renew) Paspor di KDEI Taipei Hanya Seminggu

 

 
23 November 2017   13:28 Diperbarui: 23 November 2017   14:23  566  0 0
Proses Penggantian (Renew) Paspor di KDEI Taipei Hanya Seminggu
Gambar 1. Keimigrasian KDEI Taipei
 
 

Hanya berselang seminggu setelah saya berkunjung ke Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei untuk mengurus penggantian (renew) paspor tanggal 13 November 2017.  Alhamdulillah, paspor yang baru telah tiba di alamat kampus NKUAS Kaohsiung tanggal 21 November 2017.

Masa berlaku paspor saya berakhir bulan maret 2018, sesuai ketentuan bahwa bisa mengajukan 6 bulan sebelum berakhir masa berlakunya. Apabila akan bepergian dianjurkan 6 bulan telah melakukan proses perpanjangan, namun bagi yang tetap tinggal bisa mengajukan 3 bulan sebelum masa berlaku berakhir ungkap bapak Irvan Triansyah, asisten senior bidang Imigrasi KDEI Taipei.

Berhubung saya berdomisili di kota kaohsiung dengan jarak tempuh 392 km. Ada dua pilihan transportasi yang umumnya digunakan yaitu: 1) transportasi bus dengan waktu tempuh sekitar 5 jam dengan biaya berkisar NT 550-600 sekali jalan, 2) transportasi kereta cepat/THSR dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit dengan biaya NT 1.500-1.600, harga khusus bagi mahasiswa sekitar NT 1.300. Dengan memperlihatkan kartu mahasiswa saat membeli tiket di loket dan atau pemeriksaan di atas kereta.

Saya berusaha mencari waktu yang bertepatan ada agenda ke Taipei. Pada tanggal 12 November 2017, Indonesia Diaspora Network (IDN) Taiwan menggelar acara seminar kebangsaan untuk memperingati hari pahlawan yang dilaksanakan di kantor KDEI lantai 6. Momen ini juga, saya manfaatkan untuk mengurus perpanjangan paspor. Keesokan harinya tanggal 13 November 2017, saya bersama keluarga kembali menuju ke bagian keimigrasian KDEI lantai 2.

Dokumen yang dibutuhkan

Sebelumnya saya telah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Berdasarkan video yang diedarkan oleh pihak keimigrasian KDEI bagi WNI yang berada di Taiwan dan mengunjungi laman: www.kdei-taipei.org, saya mendapatkan informasi bahwa dokumen yang harus disiapkan antara lain: 1) mengisi formulir permohonan, 2) paspor lama asli dan foto copy, 3) foto copy Alience Residence Certificate (ARC) yang masih berlaku, 4) foto copy kartu mahasiswa yang berlaku (untuk mahasiswa), 5) Kontrak kerja yang masih berlaku (untuk TKI). Selain itu membayar biaya administrasi sebesar NT 1.200 pada Bank yang telah ditunjuk oleh KDEI.

Transportasi Menuju KDEI

Untuk menuju KDEI dengan menggunakan transportasi MRT bila telah berada di Taipei. Dengan bantuan google map anda dapat menulis lokasi MRT Taipei Station dengan tujuan ke Indonesian Economic and Trade Office to Taipei. Hasilnya  akan ditunjukkan jalur menuju lokasi tersebut, mulai dari jalur MRT yang kita gunakan hingga jalan menuju lokasi KDEI.

Bila perjalanan dimulai dari Taipei Main station (TMS)/R10 gunakan jalur merah yang menuju arah Xiangsan, nanti akan berhenti di Stasiun Daan (R5)/(BR09) untuk pindah ke jalur coklat dengan arah menuju ke Taipei Nangang Exhibition center dan turun di stasiun Xihu(BR16). Setelah tiba di stasiun Xihu selanjutkan keluar melalui pintu exit 2, belok kanan hingga perempatan jalan pertama dan selanjutnya belok kanan ke lane 288 Neihu Rd. Berjalan terus hingga melalui tiga perempatan jalan hingga mendapatkan Ruiguang Rd. Setelah itu belok kanan bila anda mendapatkan tulisan di depan gedung Twinhead(Lihat Gambar 2). Masuklah ke dalam, nanti ada petugas keamanan. Silahkan menuju ke lantai 2, keimigrasian KDEI.

 

Lokasi Gedung KDEI Taipei
Lokasi Gedung KDEI Taipei

 

Proses Perpanjangan Paspor

Sebelum ke KDEI, anda harus mengetahui waktu pelayanan untuk penyampaian/penerimaan berkas pada jam 09.00-12.00. Selanjutnya foto, sidik jari dan pengambilan paspor jam 13.00-17.00. Hal ini penting agar anda bisa efisiensi waktu dan mencegah kembali lagi keesokan harinya.

Setelah tiba di lantai 2, anda akan bertemu dengan petugas keamanan yang akan memberikan nomor antrian, formulir permohonan dan mengarahkan cara pengisiannya dengan mengikuti petunjuk yang ada di kaca informasi.  Setelah selesai mengisi formulir, langkah selanjutnya anda menuju ke Chang Hwa Bank (Lihat Gambar 3) untuk pembayaran administrasi. Lokasinya berada di Lane 513, Ruiguang Rd. Bila anda keluar dari gedung Twinhead, belok kanan setelah melewati dua perempatan/lampu lalulintas (traffic light) belok kiri, lokasinya setelah restoran McDonald.

 

Gambar 3. Chang Hwa Bank
Gambar 3. Chang Hwa Bank

 

Ambillah nomor antrian dengan memberitahu petugas bank bahwa akan membayar aplikasi untuk paspor di KDEI. Selanjutnya ambillah dua lembar slip penyetoran dan isilah seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4. Untuk pembayaran: 1) biaya paspor sebesar NT 1.000, 2) biaya foto biometrik sebesar NT 200. Namun anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar NT 20 untuk pencetakan bukti pembayaran, sehingga total biaya penggantian paspor sebesar NT 1.220.

 

Gambar 4. Contoh Slip Pembayaran. Sumber: www.kdei-taipei.org
Gambar 4. Contoh Slip Pembayaran. Sumber: www.kdei-taipei.org

 

Selanjutnya kembali ke kantor KDEI, untuk menyerahkan formulir permohonan, dokumen yang dipersyaratkan dan bukti pembayaran dari Chang Hwa Bank.  Bila dokumen dinyatakan telah lengkap, anda dipersilahkan untuk mengambil nomor antrian untuk proses foto dan sidik jari.

Selama proses menunggu antrian, pihak imigrasi KDEI menyediakan fasilitas minuman kotak gratis (Gambar 5). Saat mengantri kami berinteraksi dengan rekan-rekan TKI yang juga menunggu panggilan untuk foto dan sidik jari. Saat itu, Kepala Bidang Imigrasi KDEI Bapak Herawan Sukoaji memberikan edukasi berupa penyampaian bagi rekan-rekan TKI yang sedang menunggu antrian untuk menginformasikan ke rekan-rekan lainnya bahwa pengurusan paspor hanya membutuhkan waktu 7 hari kerja dengan biaya NT 1.200. Hal ini perlu disampaikan untuk menghindari salah persepsi bahwa seolah-olah pihak imigrasi yang lambat dan biaya yang dikeluarkan lebih transparan.

 

Gambar 5. Fasilitas minuman kotak gratis
Gambar 5. Fasilitas minuman kotak gratis

 

Setelah pengecekan dokumen rampung, akhirnya saya dipanggil untuk foto dan sidik jari. Selanjutnya diserahkan nomor pengambilan paspor, berikut dengan waktu pengambilan paspor. Berhubung saya berdomisili di Kaoshiung, dengan pertimbangan biaya, jarak dan waktu. Maka saya memutuskan untuk menggunakan jasa pengiriman lewat Seven eleven. Dengan membeli amplop berwarna kuning atau pien li tai di Seven eleven samping kiri gedung KDEI dengan membayar sebesar NT 99. 

 

Gambar 6. Amplop kuning (pien li tai) untuk pengiriman paspor
Gambar 6. Amplop kuning (pien li tai) untuk pengiriman paspor

 

Selanjutnya menuliskan alamat tujuan paspor yang akan dikirim, dengan meminta bantuan petugas keamanan karena tulisannya menggunakan bahasa mandarin. Setelah mengisi surat pernyataan bahwa paspor nantinya akan dikirim melalui alamat tujuan, maka proses pengurusan penggantian paspor habis berlaku (renew) telah selesai. Seperti saya ungkapkan di awal, hanya seminggu paspor baru telah saya terima di alamat kampus NKUAS.

Terima kasih kepada Kepala KDEI dan jajarannya, terkhusus kepala bidang imigrasi dan staf atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan ke WNI yang berada di Taiwan.

 https://www.kompasiana.com/adhefarid/5a15a9a305f1cd5b8d1ee922/pengurusan-penggantian-paspor-di-kdei-taipei-hanya-seminggu

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)