Jangan Kecewa Saat Membuat Pasport

lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/05/01/jangan-kecewa-saat-membuat-pasport-556425.html

REP | 01 May 2013 | 14:30 Dibaca: 321   Komentar: 4   1 menarik

Pagi ini seorang temanku bertanya via whatsaapp tentang cara membuat pasport untuk anak. Dia biasanya menggunakan jasa calo tapi setelah mengetahui saya sering dan tidak repot mengurus sendiri pembuatan pasport anak-anak saya maka ia pun ingin mencobanya kali ini. Sebentar lagi musim liburan jadi banyak juga orangtua yang mempersiapkan pasport untuk keperluan liburan ke luar negeri.

Melalui tulisan ini saya ingin membagi cerita saya mengurus beberapa keperluan saya di kantor imigrasi.

Bulan lalu saya datang ke kantor imigrasi Jakarta Pusat untuk mengurus surat pernyataan kewarganegaraan ganda (affidavit) anak ketiga saya Yudhistiro. Pada Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang terletak di Jl.Merpati Blok B12/3 tersebut saya melihat banyak sekali orang mengantri untuk mengurus berbagai keperluan imigrasi termasuk pembuatan pasport. Namun demikian saya juga banyak melihat orang yang pulang dengan rasa kecewa, pasrah sudah datang dari pagi-pagi sebelum jam kantor imigrasi buka tetapi tetap pulang. Apa sebabnya? Oo.. rupanya banyak orang yang belum mengetahui bahwa pertanggal 6 Februari 2013 Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Pusat hanya melayani pergantian pasport sehingga bagi yang belum mempunyai pasport dapat membuatnya di Kanim mana saja selain Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. (info dari petugas kanim Jakpus)

Untuk membuat pasport pelayanan satu hari  ( one day service ) ini pun pemohon harus mengantri, setiap harinya disediakan 100 nomor antrian dan bila pemohon mendapat jadwal proses foto dan wawancara sebelum jam 12.00 maka pasport sudah jadi dan bisa diambil pada sore harinya, namun bila pemohon mendapat jadwal proses foto dan wawancara setelah jam 12.00 maka pasport bisa diambil esok harinya.

Nah bagi yang belum memiliki pasport dan  ingin membuat pasport baru jangan datang ke Kanim Jakarta Pusat atau Jakarta Barat yaa.. supaya tidak kecewa tentunya  :-) Bagi yang ingin mengganti pasportnya boleh datang ke Kanim di mana saja di Indonesia yang terpenting syarat-syaratnya sudah sesuai domisilinya, alamat Kartu Keluarga dan alamat di KTP sesuai.

Kebetulan anak pertama saya Satrio belum mempunyai pasport Indonesia sehingga saya pun bulan lalu juga mengurus pembuatannya di Kanim Jakarta Utara yang terletak di Kelapa Gading. Menurut pikiran saya pastilah banyak pemohon pembuatan pasport datang dari belahan Jakarta lainnya yang mengurus di Kanim ini. Saya memutuskan untuk membuat permohonan secara online saja di website imigrasi di sini.  Segala prosedur, persyaratan, masa berlaku dan biaya pembuatan pasport online bisa dilihat di sini.  Semua data dan persyaratan yang dimasukkan harus dipastikan sudah benar sesuai dengan aslinya, segala persyaratan di-scan/ dipindai  dahulu sebelum dikirim/ upload. Persyaratan umum membuat pasport adalah: KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Buku Nikah.  Persyaratan membuat pasport anak adalah : KTP orang tua, pasport orang tua, Buku Nikah orang tua, KK, Akte Lahir Anak dan Surat Kewarganegaraan Ganda (bila anak campuran), oh ya juga surat pernyataan orang tua yang mengizinkan anaknya membuat pasport dan bermaterai ditandatangani orangtuanya.

Enaknya mendaftar online kita dapat menentukan tanggal dan di mana kita akan mengurus pasport, kanim yg didatangi untuk ke tahap pemberian berkas persyaratan, pembayaran, foto dan wawancara. Pilihan tanggal dan tempat tersedia pada website tersebut. Oh ya sepertinya mendaftar harus di jam kerja kantor imigrasi karena saya pernah mencoba mendaftar online malam hari  dan saat semua data sudah terupload ternyata tidak ada petugas imigrasi yang online sehingga gatot deh rencana daftar malam itu sehingga harus mengulang keesokan harinya di jam kerja dan prosesnya lancar jaya deh  :-) terbukti dengan mendapat tanda terima pra permohonan dalam format PDF yang harus  di-print dan dibawa saat  hari kedatangan ke Kanim.

Sebaiknya datang pagi-pagi pada hari   yang telah kita tentukan untuk datang ke Kanim, bawalah persyaratan yang dibutuhkan bentuk asli dan fotocopinya, mendaftarlah kepada petugas yang memberi nomor antrian online, mintalah juga map dan formulir permohonan yang tetap harus diisi oleh pemohon online, surat pernyataan orangtua dan materai bisa dibeli di koperasi yang harus diisi dan ditandatangani.

Pagi itu saya datang jam 8.15 memang banyaaak sekali orang yang ingin membuat pasport, banyak juga yang pulang kecewa karena tidak mendapat nomor antrian. Rupanya antrian cuma sampai 100 untuk pemohon manual sedangkan untuk online tidak dibatasi penerimaannya tapi untuk proses foto dan wawancara pemohon online dibatasi 25 pemohon saja perhari. Kebetulan pagi ini saya mendapat nomor 29 sehingga hanya memberikan berkas persyaratan lalu proses foto dan wawancara saya harus datang keesokan harinya. Katanya besok proses foto dan wawancara akan lebih cepat di pagi hari. Tetapi saya tidak bisa datang pagi karena anak saya masih harus sekolah.

Saya dan Satrio  datang ke kanim siang hari sepulang sekolah, setelah membayar biaya pembuatan pasport 48 halaman  Rp.255.000,-  maka saatnya mengantri untuk proses foto dan wawancara. Percaya gak percaya semakin siang kanim bukannya sepi tetapi malah makin ramai, Satrio mendapat jadwal foto dan wawancara menjelang maghrib, wow !! kantor kanim belum tutup lho.. katanya bisa sampai jam 10 malam petugas masih kerja melayani keinginan masyarakat membuat pasport, loyal banget, patut diapresiasi.

Nah setelah sesi foto dan wawancara selesai maka kita harus mencek ulang apakah data yang nantinya tertera pada pasport sudah sesuai dengan data-data kita sebenarnya. Bila sudah jadilah pasport dan bisa diambil 4 hari kemudian.

Huayooo enakan manaaa? Bikin pasport pakai calo atau mengurus sendiri? Mau secara manual atau secara online? mau yang ‘one day service’ atau ‘one week service’ ? Silahkan memilih! Pilihan ada di tangan anda

Demikianlah pengalamanku  :-) Semoga bermanfaat yaaa… Salam..

Tetap semangat! Semua akan akan akyu pada waktunya. Akan indah githuu..  :-*

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)