SLEMAN - Dalam upaya mempermudah jamaah haji dalam pengurusan paspor haji, kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta memberikan pelayanan paspor di hari Sabtu. Dengan upaya ini, layanan paspor haji diharapkan bisa cepat dan mudah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Safrial menyatakan, layanan paspor haji khusus dipilih hari Sabtu karena untuk lebih memudahkan dalam memproses paspor haji. "Layanan paspor haji hari ini khusus dari wilayah Kota Yogyakarta. Kalau di Bantul, layanan pasporny ada di Unit Layanan Paspor (ULP). Seluruh DIY kuota paspor haji ada 3216. Untuk permohonan baru/penggantian ada 2552 serta yang perubahan nama ada 47," jelas Safrial, akhir pekan lalu.

Sedangkan menurut Kasie Penyelenggara Haji Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta, Ahmad Mustafid MHum, dari Kota Yogyakarta yang mengajukan paspor haji ada beberapa kategori. "Ada yang punya paspor lengkap, ada yang bikin paspor baru, ada yang paspornya masa berlakunya sudah habis, ada juga yang tambah kata," jelas Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad menegaskan, untuk tahap 1, pelunasannya mulai 3-20 April. Tahap 1 ini untuk kategori yang punya kursi haji 2018 dan dalam siskohat belum pernah haji. "Sedangkan tahap 2, pelunasan tanggal 8-12 Mei diperuntukkan bagi jamaah haji yang punya kursi 2018 yang sudah pernah haji serta penggabungan suami istri dengan pengajuan permohonan," papar Ahmad.(Rdi) krjogja.com