Menteri Hukum dan HAM Resmikan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)

The Jakarta Post

Jakarta, Indonesia | Jumat, 27 April, 2018 | 09:50 WIB

 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, meresmikan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Dermaga Marina Ancol, di Jakarta pada hari Rabu.

Dalam pidatonya, Yasonna menyampaikan bahwa TPI Dermaga Marina Ancol diharapkan dapat memfasilitasi turis asing yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia, khususnya Jakarta.

“Sebagaimana yang diharapkan oleh Presiden, kita akan terus memberikan pelayanan kepada publik, khususnya terkait turis asing yang melakukan perjalanan ke Indonesia,” kata Yasonna.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dalam mendirikan TPI Dermaga Marina Ancol.

Yasonna mengungkapkan harapannya agar TPI ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan kapal pesiar asing. Dia menambahkan bahwa kehadiran mereka dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat lokal karena para pemilik kapal pesiar pada umumnya adalah turis-turis berpenghasilan tinggi.

“Kami mencoba memulai kerja sama dengan pihak Ancol. Kami telah membangun [TPI] karena di sini telah ada kapal-kapal pesiar, turis-turis asing yang datang, sehingga kami ingin memfasilitasi mereka dengan TPI Dermaga Marina Ancol,” dia menjelaskan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, mengatakan bahwa pengoperasian TPI Dermaga Marina Ancol dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri No. 3/2018 yang ditetapkan pada bulan Maret.

“Selama ini, banyak kapal pesiar yang masuk atau transit di Indonesia berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, sementara Tanjung Priok adalah pelabuhan kapal kargo. Jadi, mulai sekarang kapal pesiar diharapkan untuk diarahkan ke Ancol,” katanya.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto, Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, dan Presiden Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, C. Paul Tehusijarana.

Penerjemah: Yessy Successly

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)