Migrant Care Desak Pemerintah Cabut Moratorium Pekerja Migran

1 Mei 2019 16:40 WIB

TEMPO.COJakarta -, kelompok advokasi pekerja migran bernama Migrant Care, meminta pemerintah untuk mencabut larangan pengiriman tenaga kerja migran ke Timur Tengah karena telah memicu banyaknya pekerja yang masuk secara ilegal ke wilayah tersebut.

Kepala Pusat Studi Pekerja Migran di Migrant Care, Anis Hidayah, pada hari Rabu mengatakan “Opsi yang terbaik adalah mengizinkan kembali pengiriman para pekerja migran ke Timur Tengah, tentunya setelah kita menyiapkan sarana yang lebih baik untuk menjamin perlindungan terhadap mereka.”

Hidayah menyarankan agar pemerintah dapat mengevaluasi moratorium larangan pengiriman pekerja domestik ke Timur Tengah sebelum mencabut larangan tersebut, terutama perlindungan terhadap pekerja migran.

Dia mengungkapkan, “Migrant Care mengamati adanya peningkatan kasus perdagangan orang ke Timur Tengah dan semakin tak terkendali setelah pemberlakuan moratorium ini.”

Hidayah mengatakan bahwa meskipun moratorium diberlakukan, para pekerja Indonesia tetap masuk ke Timur Tengah secara ilegal.

“Karena para pekerja ini masuknya secara ilegal ke Timur Tengah dan tidak terawasi, mereka akan rentan bermasalah di negara tujuan”, tegasnya.

Baru-baru ini Polri berhasil mengungkap sindikat perdagangan orang ke Timur Tengah, termasuk ke negara-negara konflik.

“Migrant Care telah menangani beberapa korban dari kasus perdagangan orang,” tutur Hidayah.

Selama tahun 2010-2013, setelah terungkapnya insiden pelecehan dan penyiksaan, pemerintah mengumumkan moratorium terkait pengiriman tenaga kerja wanita ke Timur Tengah untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Setelah itu, pelarangan pengiriman pekerja ke 21 negara diterbitkan pada bulan Februari 2015, setelah pemerintah Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati terhadap dua orang pekerja wanita asal Indonesia.

 

Penerjemah: Yessy Successly

Editor: Ridwan Arifin

Tanggal: 1 Mei 2019

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)
Gemar Bola 1
Gemar Bola 2
Gemar Bola 3
Gemar Bola 4