Dit intalkim Menyelanggarakan Penyuluhan Hukum Izin Tinggal Keimigrasian Bagi Mahasiswa

(Jakarta, 20/06) Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, menyelenggarakan Seminar "Penyuluhan Hukum Izin Tinggal Keimigrasian Bagi Mahasiswa" pada Kamis, 20 Juni 2019 bertempat di Ball Room Hotel Ciputra, Jakarta.

Dr. H. I Komang Suka’arsana, SH, MH selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar secara resmi.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini : Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Bapak Yudanus Dekiwanto, SH, MH., Wakil Dekan III Universitas Trisakti, Dr. Bambang Sucondro, SH, MH, dengan Moderator Ketua Bagian Hukum Bisnis FH Usakti, Dr. Dra. Hj. Siti Nurbaiti, SH, MH. Acara ini dihadiri 136 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti. 

Menurut Wakil Dekan III FH Usakti, Dr. Bambang Sucondro, SH,MH tujuan diadakannya seminar 'Penyuluhan Hukum Ijin Tinggal Keimigrasian Bagi Mahasiswa Tahun 2019' adalah untuk edukasi bagi mahasiswa agar mereka tahu tentang masalah keimigrasian. "Masalah keimigrasian adalah masalah hukum, kebetulan di Fakultas Hukum ada mata kuliah tentang keimigrasian, jadi sinkron." Acara ini merupakan yang kedua kalinya diadakan FH Usakti dengan bekerjasama dengan Ditjen Imigrasi dan tahun lalu diadakan di kampus Usakti.

Dalam pembahasannya Direktur Izin Tinggal Keimigrasian Yudanus Dekiwanto menjelaskan beberapa hal yang berhubungan dengan izin tinggal keimigrasian antara lain Kartu Masyarakat Indonesia Luar Negeri yang merupakan kartu yang diberikan pemerintah Republik Indonesia kepada Masyarakat Indonesia di Luar Negeri yang memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu. Selanjutnya dalam hal lain, beliau memaparkan fasilitas izin tinggal keimigrasian bagi diaspora (eks WNI) antara lain visa kunjungan, ITAS dan ITAP.

Setelah para narasumber sudah selesai memaparkan masing-masing materinya, acara dilanjut dengan tanya jawab yang sangat di tunggu-tunggu oleh para peserta. Sekitar 170 lebih mahasiswa yang hadir pada acara tersebut terlihat sangat antusias karena mata pelajaran hukum terkait keimigrasian jarang didapat dari sumbernya langsung. 

Semoga seminar ini bermanfaat untuk para peserta yang hadir dan memantapkan kerjasama di bidang edukasi antara Universitas Trisakti dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM.

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)