Munas ke-1 Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi Digelar di Jakarta

humas-ika-poltekim-i

 

Jakarta ( 29/7) – Musyawarah Nasional ke-1 Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (IKA Poltekim) digelar di Jakarta pada Senin-Rabu (29-31/7). Ratusan alumni Poltekim hadir pada Munas yang baru pertama kali diselenggarakan sejak berdirinya Poltekim pada tahun 1959.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Dr. Bambang Rantam Sariwanto, S.H., M.M., menyampaikan harapannya kepada peserta Munas I IKA POLTEKIM untuk secara nyata memberikan dukungan penuh kepada POLTEKIM sebagai almamater, sehingga secara institusional, POLTEKIM dapat secara optimal dalam mencetak kader-kader tunas pengayoman yang berkualitas baik secara aspek kognitif, moral maupun psikomotorik. Poltekim merupakan satu-satunya perguruan tinggi penyelenggara pendidikan kedinasan keimigrasian di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Alumni Poltekim adalah para pejabat imigrasi yang telah melalui pendidikan teknis keimigrasian baik D III maupun pendidikan singkat.

Hingga saat ini Poltekim telah mencetak lebih dari 3500 Alumni Poltekim yang tersebar di seluruh Unit Pelayanan Teknis Imigrasi, Kantor Pusat, Kementerian Hukum dan HAM RI, Perwakilan RI di luar negeri, dan instansi pemerintah lainnya. “

Munas pertama IKA POLTEKIM mempunyai agenda penting yaitu penyusunan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Organisasi, Kode Etik, dan pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum IKA Poltekim. 

Sejalan dengan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Alumni institusi pendidikan Pejabat Imigrasi Indonesia, mulai dari Djawatan Imigrasi, Akademi Imigrasi sampai dengan Politeknik Imigrasi wajib turut serta secara aktif dan bertanggung jawab dalam membangun kualitas pendidikan serta mengembangkan ilmu terapan keimigrasian dalam setiap penugasan. “Sebagai organisasi yang beranggotakan lintas generasi dan merupakan praktisi di bidang keimigrasian, IKA POLTEKIM juga dapat berperan dalam memberikan masukan dan rekomendasi bagi perbaikan dan penyempurnaan program dan kurikulum POLTEKIM agar sesuai dengan best practice Keimigrasian di lapangan. Hal ini akan mewujudkan kolaborasi yang sinergi antara alumni dan institusinya, sehingga POLTEKIM menjadi bagian dari pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berbudaya, dan menguasai IPTEK sejalan dengan salah satu pilar pembangunan Indonesia 2045 ” demikian disampaikan Sekjen Kemenkumham dalam Pidatonya.

Deklarasi Pembentukan Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (IKA Poltekim) telah dilakukan pada 25 Januari 2019 oleh Direktur Politeknik Imigrasi dengan persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan Direktur Jenderal Imigrasi, serta atas nama seluruh Alumni pendidikan Pejabat Imigrasi.

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)