Perombakan Daftar Visa Tenaga Ahli untuk Memenuhi Peningkatan Permintaan Tenaga Asing

 

Menteri Lapangan Kerja Australia, Michaela Cash. Sumber AAP

Pemerintah sedang menelaah pekerjaan apa saja yang membutuhkan tenaga asing untuk memenuhi kekurangan pekerja.

Pemerintah berjanji untuk memeriksa dengan seksama sistem migrasi tenaga ahli untuk mendorong perkembangan ekonomi dan memenuhi peningkatan permintaan pekerja asing di beberapa sektor.

Pemerintah akan meninjau daftar pekerjaan tenaga ahli untuk menentukan pekerjaan apa yang bisa diisi oleh tenaga asing.

Menteri Tenaga Kerja dan Keahlian Michaelia Cash mengumumkan tinjauan ini sebagai respon dari kekhawatiran bahwa daftar saat ini yang terdiri dari sekitar 500 jenis pekerjaan tidak mencerminkan permintaan pekerja ahli asing di beberapa sektor.

“Kami telah mendengar kekhawatiran ini dan berkomitmen untuk memastikan bahwa tidak ada penghalang bagi peningkatan ekonomi Australia yang berlanjut,” ungkap senator Cash.

Peninjauan daftar ini, yang telah diperbarui pada bulan Maret, juga akan fokus untuk memastikan bahwa terdapat cukup pekerja untuk mendukung program pemerintah infrastruktur 10 tahun 100 milyar dollar Australia.

Lebih dari 80.000 visa tenaga ahli diterbitkan tahun lalu, dengan pekerjaan di sektor ICT yang paling banyak.

Namun, pekerjaan jenis baru seperti data scientist tidak dapat ditambahkan dalam daftar pekerjaan karena dibatasi oleh klasifikasi standar pekerja yang belum diperbaharui sejak 2013.

Kepala Ekonomi Komite Pengembangan Ekonomi Australia Jarrod Ball mengatakan bahwa sulit bagi pemberi kerja, terutama di sektor teknologi.

“2013 sampai saat ini terdapat banyak perubahan di pasar kerja, banyak pekerjaan baru yang tidak dapat dengan mudah dimasukkan ke migrasi tenaga ahli ke daftar yang ada karena masih ada beberapa isu warisan yang harus dihadapi,” ungkap Ball pada SBS News.

Walaupun Skema Bakat Global telah diimplementasikan untuk memungkinkan industri teknologi, termasuk start up, untuk merekrut tenaga ahli asing, Ball mengatakan perkerjaan itu seharusnya tercermin dalam sistem migrasi tenaga ahli saat ini.

Fokus Regional

Tinjauan ini akan memeriksa pekerjaan dari tiga daftar terpisah termasuk pekerja ahli sementara, tinggal dalam jangka waktu menengah-lama dan pekerjaan regional.

Sebagai bagian dari kebijakan pemerintah “congestion-busting”¸visa baru telah diciptakan untuk mendorong migran hidup dan bekerja di luar kota besar.

Ball mengatakan bahwa terdapat bukti tentang keberhasilan percobaan sebelumnya untuk mendorong jumlah tenaga ahli asing di daerah.

“Orang – orang akan mengambil kesempatan ini di daerah dalam jangka waktu pendek dan tinggal selama dua tahun atau lebih dan kemudian akan kembali ke kota besar untuk mengambil pekerjaan yang memerlukan keahlian lebih tinggi dengan gaji yang lebih tinggi.”

Konsultasi dengan stakeholder sedang berjalan dan daftar pekerjaan diharapkan dapat diperbaharui Maret tahun depan.

Program imigrasi Australia membutuhkan tidak kurang dari dua pertiga visa permanen untuk dapat tinggal dan bekerja di Austrakua sebagai migran dengan keahlian.

 

Sumber: www.sbs.com.au

Judul asli: Skilled migration visa list shake-up to meet growing demand for foreign workers

Penerjemah: Arum Apriliyana/Humas Ditjenim

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)