Tujuh cara Uni Eropa membangun “Benteng Teknologi” bagi para pengunjung (2)

 

 

Sistem Informasi Schengen (Schengen Information System/SIS)

Juga sering disebut sebagai tulang punggung  pertukaran informasi bagi otoritas di perbatasan dan aparat penegak hukum Eropa, Sistem Informasi Schengen (SIS) merupakan sistem berbagi informasi terbesar untuk keamanan dan manajemen perbatasan di UE.

Di tengah kekosongan pemeriksaan di perbatasan internal, SIS membantu otoritas berwenang di Eropa untuk meningkatkan keamanan internal. Petugas perbatasan, kepolisian, dan kewenangan otoritas nasional lainnya dapat menggunakan SIS untuk mengakses peringatan terkait orang hilang, kriminal yang terkait dengan kejahatan, penangkalan orang masuk ke wilayah Schengen, barang curian seperti mobil, dll.

Saat usulan perubahan yang telah diajukan tahun 2016 oleh Komisi Eropa mulai berlaku, SIS akan mencakup informasi tambahan berupa telapak tangan, sidik jari, gambar wajah, dan terkait DNA, membuat para kriminal semakin sulit untuk bergerak di dalam UE. Hal ini juga akan membantu mendeteksi kontra terorisme dan melindungi dari berbagai ancaman lain.

Pusat Data Daktiloskopi Suaka Eropa (European Asylum Dactyloscopy Database/EURODAC)

Pusat Data Daktiloskopi Suaka Eropa, atau yang lebih dikenal dengan EURODAC, adalah sebuah pusat data yang menyimpan sidik jari setiap orang yang pernah mencari suaka di salah satu negara anggota UE manapun atau negara lain yang memiliki kerja sama.

Sesaat setelah seseorang mengajukan untuk suaka, sidik jari orang tersebut segera diproses dalam pusat data EURODAC. Kemudian EURODAC menguji dan membandingkan dengan data yang sudah tersimpan untuk selanjutnya menentukan negara anggota mana yang akan melakukan proses pemeriksaan terhadap permohonan suaka ke UE tersebut.

Sistem EURODAC juga memungkinkan otoritas penegak hukum negara anggota UE dan Europol untuk mengakses data sidik jari yang tersimpan ketika melakukan proses penyelidikan suatu kasus tindak pidana. Terkadang EURODAC juga digunakan sebagai alat untuk membandingkan sidik jari yang ada dalam data VIS.

Bersambung...

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)