Berita

Imigrasi Putussibau Berharap di Kapuas Hulu Ada BNP2TKI

Imigrasi Putussibau Berharap di Kapuas Hulu Ada BNP2TKI

Kasubsi Teknologi informasi, Intelijen dan Penindakan Kemigrasi Imigrasi Kelas III Putussibau, Angga berharap di Kabupaten Kapuas Hulu ada BNP2TKI untuk melayani masyarakat yang membuat paspor dan bekerja keluar negeri.

"Dengan adanya BNP2TKI ini kita bisa melayani masyarakat Kapuas Hulu yang ingin bekerja keluar negeri. Sehingga ketika ada BNP2TKI maka imigrasi kita ini sama dengan yang ada di Sambas maupun Sanggau, karena sudah ada pelayanan satu atap," ujarnya, Kamis (25/4/2019).

Angga menjelaskan, bulan yang lalu pihaknya harus terpaksa menunda keberangkatan sebanyak 45 TKI untuk mengadu nasib ke Negara Malaysia. "Hal ini dikarenakan paspor mereka syarat yang tidak lengkap," ucapnya.

Sebab jelas Angga, ketika pihaknya melakukan pendalaman kepada 45 orang ini, ketahuan bahwa keberangkatan bukanlah untuk berwisata melainkan bekerja. "Jadi rata-rata mereka yang kami tunda penerbitan paspornya ini berusia 20-27 tahun," ujarnya.

Penundaan penerbitan paspor terus dilakukan, hingga mampu menunjukan syarat yang diinginkan oleh pihaknya.

"Kalau mereka sudah melampirkan surat pernyataan dari keluarga, rekomendasi desa dan rekomendasi dari Disnaker karena ini wajib bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri," ungkapnya.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024