Berita

Imigrasi Catat Tenaga Kerja Asing di Sumut 349 Orang, Semua Profesional

Imigrasi Catat Tenaga Kerja Asing di Sumut 349 Orang, Semua Profesional

Dari sejumlah Kantor Imigrasi, Kanwil Kemenkumham Sumut catat ada 349 Tenaga Kerja Asing (TKA) pengguna KITAS yang bekerja di Sumatera Utara.

Selain itu, Imigrasi juga mencatat 593 TKA yang meninggalkan Indonesia lantaran masa kerjanya di Sumut sudah habis (Exit Permit Only).


Menanggapi adanya ratusan pekerja asing di Sumatera Utara, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut Icon Siregar menerangkan bahwa para pekerja asing tersebut berstatus profesional.

"Kalau Tenaga kerja asal China ada memang, sebanyak 101 orang yang tersebar di berbagai perusahaan di Sumut. Ada yang di pembangkit listrik, perkebunan dan pertambangan," katanya Icon.

Icon menerangkan sejauh ini ia telah mengimbau seluruh kantor imigrasi untuk terus mengawasi para pekerja asing di Sumut itu.

"Kalau kita lihat mereka profesional dan untuk pengawasannya kita sudah ingatkan Kantor Imigrasi untuk mengawasi mereka. Jadi kita pantau siapa tenaga asing yang tidak pada tempatnya," sambungya.

Disinggung soal adanya permainan nakal antara Imigrasi dengan sejumlah perusahaan untuk meloloskan orang asing, Icon membantah hal tersebut. Ia mengatakan bahwa semua diawasi semaksimal mungkin.

"Kalau permainan saya kira gak ada. Kalau memang ada yang merasa perhitungan data tidak seperti ini silakan, sah-sah saja. Saya kira memang banyak yang datang ke Sumut, seperti data perlintasan yang kita catat," tegasnya.

Icon mencoba meluruskan, bahwa Kanwil Kemenkumham Sumut mencatat ribuan jumlah orang asing yang melintasi di Sumut. Ia mengatakan bahwa sepanjang tahun 2018, Malaysia adalah negara terbanyak mengunjungi Sumut, disusul Singapura dan China di tempat ke tiga.


Imigrasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumut mencatat bahwa Warga Negara (WN) asal Malaysia mendominasi perlintasan ke Sumatera Utara (Sumut) sepanjang tahun 2018. Tercatat, ada 102.651 kunjungan yang dilakukan penduduk yang dipimpin Mahatir Mohammad itu.

Selain Malaysia, Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut juga mencatat sembilan besar negara yang warganya mendominasi kunjungan ke Sumut sepanjang tahun 2018.

Berturut-turut, Imigrasi mencatat kunjungan WN Singapura sebanyak 21.124, WN China (8.249), WN Australia (4.292), WN Jerman (3.933), WN Thailand (3.914), WN Amerika Serikat (2.993), WN India (2.967), WN Kerajaan Inggris (2.881) dan terakhir, WN Taiwan (2.714).

Adapun pintu masuk perlintasan warga negara asing ke Sumut terbesar diterima oleh Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Kualanamu, Deliserdang. TPI Kuala Namu catatkan 1.692.219 perlintasan WNA dari berbagai negara di dunia. Sementara, TPI Teluk Nibung mencatat ada 4.182 kunjungan.

Jika ditotal, maka jumlah kunjungan WNA ke Sumut sepanjang tahun 2018 yang dicatat oleh Kanwil Kemenkumham Sumut dari seluruh TPI adalah 1.710.213 kunjungan.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024