Berita

Pengurusan Paspor Meningkat Drastis, Simak Penjelasan Kepala Imigrasi Batam

Pengurusan Paspor Meningkat Drastis, Simak Penjelasan Kepala Imigrasi Batam

Layanan paspor simpatik merupakan layanan kegiatan ekstra menyambut hari bakti ke-69 Imigrasi. Meskipun demikian, jumlah massa yang memanfaatkan fasilitas tambahan tersebut juga terbilang tidak biasa.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Lucky Agung Binarto. Tingginya harga tiket pesawat untuk rute domestik, ditambah rencana bagasi berbayar, secara tidak langsung memang memberi dampak pada kepadatan layanan pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam.

Kondisi ini juga terlihat dari layanan paspor simpatik yang dibuat Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Sejak awal Januari 2019 yang selalu ramai diminati masyarakat di luar membeludaknya pendaftar paspor melalui WA pada hari biasa.

"Jumlah pemohon bisa sampai 700 sampai 800 sehari, kita hanya sanggup layani 500," kata Lucky, Senin (21/1/2019).
Diakuinya melambungnya minat pemohon pembuatan paspor pada awal 2019 ini tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan tingginya harga tiket pesawat, hingga memilih bepergian melalui negara tetangga Singapura atau Malaysia.

Namun kecenderungan itu, cukup kuat jika melihat signifikansi yang ada perbedaan harga tiket yang memang mencolok, jika bepergian dari Singapura atau Malaysia ke daerah lain di Indonesia.

"Saya saja ke Bangka Belitung lewat Singapura, memang jauh berbeda harganya kalau berangkat langsung dari Batam, dari Singapura tidak sampai Rp 1 juta," katanya.

Sementara itu tingginya warga yang mengajukan permohonan pembuatan paspor ini, Lucky mengaku pihaknya sudah mengajukan penambahan kuota kepada Kantor Imigrasi Provinsi Kepri.

Adanya penambahan ini ia berharap masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan pelayanan pembuatan paspor bisa memiliki peluang lebih cepat untuk dilayani.

"Kami maunya sih secepatnya. Paling tidak diharapkan Maret ini kuota penambahan layanan bisa bertambah. Kita minta untuk bisa bertambah jadi 800," tutupnya.

Buka Hari Sabtu 
Memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-69 tahun, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menyelenggarakan berbagai kegiatan. Rangkaiannya sudah dilaksanakan seperti donor darah, jalan santai, upacara yang akan dilaksanakan pada 26 Januari 2019 mendatang.

"Setelah upacara kita akan melangsungkan tabur bunga di makam pahlawan. Setelah itu kita adakan syukuran di kantor ini dengan pemotongan nasi tumpeng. Kemudian kita memberikan bingkisan yang pernah tugas dari Kantor Imigrasi," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Lucky Agung Binarto kepada Tribun, Senin (21/1).

Menariknya lagi, pihaknya memberikan pelayanan paspor simpatik yang dilaksanakan pada akhir pekan. Sudah dimulai sejak awal Januari lalu.

"Ketika orang libur kita melayani masyarakat untuk bikin paspor. Pengurusan ini akan sampai 26 Januari. Disamping itu juga ada pengurusan paspor emergency kepada pemohon paspor yang sakit baik itu berada di rumah ataupun rumah sakit yang ingin melakukan rujukan ke luar negeri untuk pengobatan. Jadi kita yang datang kesana," papar Lucky.

Ia menambahkan pihaknya juga akan memberikan bingkisan cendramata kepada penumpang yang ada di pelabuhan-pelabuhan internsional. Hadiahnya berupa snack, bunga, dan lain sebagainya. "Insya Allah kita laksanakan setelah upacara Hari Bakti," tutur Lucky. (rus)

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024