Berita

Dampak Virus Corona, Pemohon Paspor di Imigrasi Surabaya Turun

Dampak Virus Corona, Pemohon Paspor di Imigrasi Surabaya Turun

Merebaknya virus corona di Tiongkok mulai memengaruhi pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. Terjadi penurunan jumlah pemohon paspor di Imograsi Surabaya.

"Ada penurunan pemohon paspor. Virus Corona yang mengglobal membuat warga menunda dulu perjalanan mereka ke luar negeri," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Is Edy Ekoputranto, Jumat (28/2/2020). 

Edy baru saja menjabat sebagai Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menggantikan Barlian yang purnatugas menyebut selain virus corona, kebijakan Arab Saudi juga menutup sementara kunjungan umrah juga memberi pengaruh penurunan pembuatan paspor tersebut.

Salah satu yang paling banyak memberi kontribusi pemohon paspor adalah jemaah Umrah. Tentu Is Edy tetap akan melayani sesuai pemohon. Dia juga tidak tahu mengenai otoritas penerbangan. 

Saat ini memang ada negara di Imigrasi TPI Surabaya yang bebas masuk, ada pula negara ada yang melarang.

"Namun secara umum diakui ada tren penurunan pemohon paspor saat virus corona merebak. Penurunannya berapa, akan kamidalami kembali, namun yang pasti memang turun angkanya," paparnya.

Sumber

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024