Berita

Imigrasi Digital: Akankah Pembukaan Perekrutan Global akan Menjadi Masa Depan (2)

Imigrasi Digital: Akankah Pembukaan Perekrutan Global akan Menjadi Masa Depan (2)

Apakah perusahan siap sepenuhnya terhadap perubahan luar biasa dalam proses bisnis? Survei perusahaan saya yang terbaru menunjukkan bahwa 95% pekerja di bagian personalia dan teknis percaya bahwa mereka dapat bekerja dengan baik secara jarak jauh selama Covid-19, tapi kurang dari sepertiga yang memiliki strategi jangka panjang.

Sekarang adalah waktunya untuk menyusul. Imigrasi digital bagi bekerja dalah langkah kedepan terhadap evolusi perusahaan  yang berpikiran maju untuk mengakses kumpulan pekerja elit global yang tidak terjamah sejak lama. Platform cloud yang terstandarisasi dan penyesuaian zona waktu membuat pekerja baru di Colombia dapat dihubungi semudah dengan yang tinggal berdekatan dengan perusahaan. Dalam model global ini, perusahaan mendapat kesempatan untuk meningkatkan upaya perekrutan dengan secara strategis memanfaatkan pasar pekerja di seluruh dunia. Dan ketika perusahaan melihat beberapa pasar pekerja global, mereka juga dapat mengakses beragam pekerja.

Bagaimana perusahaan dapat merekrut secara global?

 Ketika kamu dapat merekrut di mana saja, mudah untuk mencarinya dimana saja. Saat ini kompleks dan membingungkan dengan banyaknya aplikasi pencarian pekerja. Dengan pertimbangan itu, terdapat beberapa taktik untuk merekrut dengan cara ini.

  • Putuskan kriteria perekrutan yang penting. Ini kritis karena setiap pangsa pengkerja di seluruh dunia memiliki kelebihan dan kelemahan. Faktor penting termasuk gaji, keahlian yang spesifik atau pengalaman bekerja di struktur organisasi tertentu. Setiap pasar berbeda – beda dengan faktor ini, jadi sebelum memulai merekrut secara global, susun kriteria penting dan prioritas yang jelas.
  • Pilih pasarmu. Saya merekomendasikan mulai dari dua zona waktu dari semua arah dikarenakan menurut penelitian kami 88% teknisi memilih untuk bekerja dengan perbedaan zona waktu maksimal 2 dua jam. Selain Kanada dan Meksiko, pastikan untuk mengevalusi lokasi teknisi baru yang sedang popular. Contohnya, Amerika Selatan menawarkan 1.2 juta teknisi berpengalaman yang jarang dipertimbangkan oleh perusahaan Amerika Serikat. Dan di Amerika Latin, Kolombia memiliki 100.000 teknisi ahli yang siap bekerja di daerah yang cepat berkembang. Pergi lebih jauh dengan menjelajahi perintis local dan ekosistem kewiraswastaan, system universitas dengan program teknik yang kuat, peraturan bisnis lokal dan perusahaan yang ada di area mu. Dengan memahami elemen pasar ini akan membawa tim mu menemuakan pasar yang tepat dan juga dapat membangun kerjasama lokal yang kuat.
  • Optimalkan proses perekrutan jarak jauh. Bagaimana cara perusahaan memilih, mewawancarai dan menilai calon pekerja untuk bekerja jarak jauh cukup berbeda dengan pekerja kantor pusat pada umumnya. Kamu harus menilai strategi gaji dan benefit, memastikan bahwa proses sesuai hokum yang berlaku dan secara umum memastikan bahwa kamu paham yang diinginkan teknisi lokal. Penelitian kami menemukan bahwa walaupun semua teknisi ingin memecahkan masalah, terdapat perbedaan dramatis lintas negara, terutama terkait ekspektasi mengenai kesempatan karir, stabilitas dan bayaran. Perusahaan juga butuh untuk membangun brand yang menarik untuk menjelaskan secara jelas strategi jarak jauh mereka dan mendemonstrasikan bahwa imigran global akan di terima dan diberikan kesempatan untuk berkontribusi, memimpin dan sukses.

Imigrasi digital adalah akuisisi bakat selanjutnya.

Bekerja jarak jauh adalah cara terbaru manajemen organisasi dan merupakan panggilan bagi perusahaan untuk menciptakan kembali bagaimana dan dimana mereka menarik bakat di perusahaan mereka. Membangun tim yang memiliki performa tinggi menciptakan perusahaan yang unggul dan perkerja yang bagus sangat mungkin tinggal di luar zona perekrutan tradisional.

Dengan perubahan digital yang mengubah semuanya dari pertemuan pekerjaan sampai membeli bahan makanan, imigrasi digital untuk pekerja adalah memaksa perusahaan untuk berkembang dan mengambil keuntungan untuk momen ini untuk keuntungan jangka panjang. (Tr/AA)

Sumber: Forbes

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024