Berita

Petugas, Kantor Imigrasi dan Ditjen Imigrasi Terima Penghargaan Menkumham

Petugas, Kantor Imigrasi dan Ditjen Imigrasi Terima Penghargaan Menkumham

2 (dua) orang petugas imigrasi dan 4 kantor imigrasi, serta Ditjen Imigrasi meraih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly. Penghargaan ini diserahkan oleh Menkumham pada Selasa (27/10/2020) dalam peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) atau Hari Ulang Tahun Kemenkumham 2020 yang berlangsung secara virtual. Penghargaan diberikan kepada para petugas dan unit yang secara aktif berinovasi serta menghasilkan karya-karya yang berguna bagi instansi.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengungkapkan rasa syukur dan menyampaikan terima kasihnya pada jajaran Kemenkumham, khususnya para pegawai berprestasi yang berkontribusi besar bagi kemajuan organisasi.

 “Inovasi-inovasi baru pelayanan publik di bidang Kekayaan Intelektual, Keimigrasian, Pemasyarakatan, Administrasi Hukum Umum, dan Pelayanan Bantuan Hukum juga diminta untuk terus dikembangkan sepanjang tahun 2020 untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Yasonna.

Rakha Sukma Purnama dan Mulkan Lekat merupakan 2 petugas imigrasi yang menerima penghargaan perorangan atas dedikasi dan inovasinya. Rakha yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan meraih penghargaan karena keberhasilannya menciptakan inovasi bagi peningkatan pelayanan keimigrasian. Selain itu, tim penilai juga menganggap Rakha berhasil menjadikan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri naik kelas menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri sewaktu dia menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kediri periode 2017-2020.

Inovasi yang dilakukan oleh Rakha selama di Kediri antara lain menerapkan aplikasi antirian paspor via WhatsApp, pembuatan halte ramah HAM, barrier gate untuk menyaring pemohon yang tidak berkepentingan, pembangunan ruang pojok baca dan internet area, aplikasi absensi pegawai, BUTADI ( buku tamu digital), dan pengambilan paspor drive thru.

Sementara itu Mulkan Lekat yang saat ini bertugas sebagai Atase Imigrasi pada KBRI Kuala Lumpur menerima Penghargaan Karya Dhika Madya karena keberhasilannya membangun beberapa aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian serta berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dari Kementerian/Lembaga dalam bidang keimigrasian.

Beberapa aplikasi yang dihasilkan antara lain Sistem Layanan Ambil Cepat Imigrasi (Si-LACI), Sistem Pengambilan Nomor Antrian Berbasis Foto Wajah (Si-PONCO), Sistem Informasi Paspor Berbasis SMS Gateway, Kirim Paspor Pakai Pos (KIPAS), dan ANCOL (Antrian Cara Online).

Selama 2016-2020, Mulkan juga menerima beberapa penghargaan dari Kementerian/Lembaga seperti Special Mention Award dari Menteri Luar Negeri, TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award 2019.

Unit Penerima Penghargaan

Ditjen Imigrasi dan Kantor Imigrasi Kelasi I Khusus Jakarta Barat, Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, serta Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya menerima penghargaan untuk Unit Utama dan UPT Terbaik dalam kategori mengelola pengaduan masyarakat melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Untuk penerima penghargaan kategori jumlah pemberitaan pelaksanaan kinerja melalui website dan pengelolaan media social diraih Ditjen Imigrasi, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soetta dan Kantor Imigrasi Kelas II Kediri.

Oleh: Yolanda Rosylvia Juniar
dok foto: Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham RI

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024