Berita

Kantor Imigrasi Batam Bakal Buka ULP di Mall Botania 2

Kantor Imigrasi Batam Bakal Buka ULP di Mall Botania 2

BATAM - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam bakal membuka unit layanan paspor (ULP) di Mall Botania 2 Batam. Sebagai tahap awal dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Ibnu Ismoyo dan Direktur Utama PT. Fanindo Cipta Propertindo Usman Fan selaku pihak manajemen Mall Botania 2. Penandatanganan berlangsung di Ruang Media Center Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Senin (30/11).

"Saya berharap kehadiran unit layanan paspor di Mall Botania 2 nantinya dapat mendekatkan serta memudahkan masyarakat Batam dalam mengakses layanan keimigrasian," kata Kepala Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Ibnu Ismoyo.

Ibnu menuturkan, dibukanya layanan ULP di Mall Botania 2 ini menyasar masyarakat yang tinggal di Nongsa, Kabil, Punggur, dan sekitarnya. Dengan adanya ULP, lanjut Ibnu, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

Ibnu menekankan, ULP Mall Botania 2  hanya bisa melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor habis berlaku. 
"Untuk penggantian paspor karena hilang atau rusak kami arahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Jadi memang ada pembatasan layanan untuk di ULP," imbuhnya.

Direktur Utama PT. Fanindo Cipta Propertindo Usman Fan menyambut baik kerja sama ini. Pihaknya membebaskan biaya sewa ruangan dan biaya service charge kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam selama 12 bulan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2021 dengan prinsip saling menguntungkan dan tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku. 

"Kami berikan kesempatan uji coba selama satu bulan, sebelum diberlakukannya perjanjian. Jika proses uji coba lancar dan tidak ada kendala maka selanjutnya per 1 Januari 2021 hingga 12 bulan ke depan berlaku pembebasan biaya sewa dan service charge," terang Usman Fan seraya menuturkan, pembebasan biaya sewa pada kurun waktu tertentu ini sebagai upaya perusahaannya untuk turut andil membantu instansi pemerintah melayani masyarakat Batam.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian bagi masyarakat.

(Junianto Budi Setyawan-Muhammad Fijar)

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024