Berita

Usung Moto Simple Saja Eazy Passport Imigrasi Mataram Disambut Antusias

Usung Moto Simple Saja Eazy Passport Imigrasi Mataram Disambut Antusias

MATARAM – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menyelenggarakan layanan Eazy Passport di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan NTB, Rabu (25/11) lalu. Kegiatan ini merupakan layanan ke-7 yang telah diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram. Mengusung moto “Simple Saja” yang merupakan singkatan dari ‘senyum, informatif dalam melakukan pelayanan yang bersahabat dan terjadwal’, layanan Eazy Passport mendapat sambutan antusias dari warga Lombok. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Syahrifullah mengatakan, sejak diterbitkannya Surat Edaran Dirjen Imigrasi Nomor: IMI-1060.GR.01.01 tentang Layanan Eazy Passport pada 30 Juni 2020 lalu, tim humas kemudian melakukan penyebaran informasi baik melalui media sosial maupun melakukan penawaran langsung ke instansi pemerintah dan swasta.

“Sambutan masyarakat sangat baik. Saya minta petugas tetap menerapkan protokol kesehatan saat melayani Eazy Passport karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Syahrifullah. 

Pada kegiatan Eazy Passport di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan NTB, tim dipimpin oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Wisnu Ontoaji. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Syarwan menerima langsung kedatangan rombongan. 

“Ini merupakan terobosan yang sangat baik dari Direktorat Jenderal Imigrasi. Semoga layanan yang memudahkan masyarakat ini terus dijalankan dan dapat menginspirasi instansi lainnya,” kata Syarwan. 

Salah satu pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan NTB Lalu Fauzul Muna sangat berterima kasih atas layanan Eazy Passport. Sebab, semuanya telah disiapkan oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram. 

“Kami hanya menyiapkan tempat dan jaringan internet. Selanjutnya petugas melakukan wawancara dan pengambilan foto serta sidik jari untuk pembuatan paspornya. Benar-benar layanan yang memudahkan,” katanya. 

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Dewa Made Krisna Gautama menuturkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram telah menyelenggarakan layanan Eazy Passport sebanyak 7 kali. Rinciannya, SMK N 1 Praya, Lombok Tengah 26 Agustus, Kanwil Ditjen Pajak Nusa Tenggara 15 September, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Lombok 21 September, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Mataram 24 September, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mataram 22 Oktober, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat 23 Oktober, serta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan NTB 25 November. 

“Semua berjalan lancar dan tanpa kendala. Dalam setiap kegiatan kami menugaskan 5-7 petugas, menyesuaikan jumlah pemohon. Kami berharap layanan ini memberikan kemudahan masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19,” kata Dewa. 

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Wisnu Ontoaji menambahkan, di setiap kegiatan tim humas selalu mendampingi untuk melakukan dokumentasi baik foto atau video agar nanti dapat disebarkan melalui media sosial. 

“Dengan adanya dokumentasi ini semoga masyarakat semakin mengenal layanan Eazy Passport yang merupakan terobosan Direktorat Jenderal Imigrasi,” katanya.

Penulis : Junianto Budi Setyawan

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024