Berita

Jemput Bola Layanan Imigrasi Masuk Kampus

Jemput Bola Layanan Imigrasi Masuk Kampus

Selasa, 2 Maret 2021

Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo

Editor: Ade Irma Stefi Ulil Amri

Padang (2/3) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat dan Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan kerjasama Pelayanan Imigrasi Masuk Kampus (Impus) pada Selasa (02/03). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Napis dengan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. dan disaksikan oleh Kadiv Keimigrasian, Syamsul Efendi Sitorus. Acara ini diselenggarakan di Kampus UNP dan dihadiri oleh jajaran pimpinan dan dosen universitas serta mahasiswa.

Terobosan ini merupakan salah satu implementasi dari pengembangan Layanan Eazy Paspor, yakni layanan dengan pola “jemput bola”, dimana masyarakat tidak perlu lagi untuk mengunjungi kantor imigrasi untuk melakukan proses permohonan paspor, justru petugas imigrasi yang mendatangi tempat pemohon dalam melakukan proses pelayanan keimigrasian.

Layanan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar. Pada era pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat dalam pengurusan paspor dan layanan keimigrasian lainnya, Kemenkumham RI berkomitmen untuk tetap mengoptimalkan pelayanan dengan peluncuran berbagai aplikasi dan program inovasi dalam layanan keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Napis dalam sambutannya menyatakan bahwa Layanan Eazy Paspor ini juga dicanangkan untuk dilaksanakan pada perkantoran pemerintah/swasta/BUMN, perumahan, pendidikan, dan komunitas organisasi dengan kuota permohonan yang dapat dilayani minimal lima puluh permohonan paspor.

“Kantor Kelas I TPI Padang secara rutin akan mendatangi kampus-kampus yang sudah melakukan perjanjian kerja sama untuk memberikan pelayanan keimigrasian berupa pelayanan paspor baru dan penggantian paspor”, ujar Kakanim.

Rektor UNP menyambut baik rencana kehadiran Pelayanan Imigrasi Masuk Kampus di UNP ini. Ia menyampaikan bahwa kehadiran Pelayanan Imigrasi akan memudahkan para mahasiswa dan dosen dalam mengurus segala kepeluan keimigrasiannya.

Setelah penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan penukaran cendramata dan pemotongan pita tanda peresmian ruangan pelayanan pembuatan paspor di Universitas Negeri Padang.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024