Berita

Kantor Imigrasi Surakarta dan Kemenag Kota Surakarta Gelar Eazy Passport

Kantor Imigrasi Surakarta dan Kemenag Kota Surakarta Gelar Eazy Passport

Selasa, 2 Maret 2021

Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo

Editor: Ade Irma Stefi Ulil Amri

Surakarta (2/3) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta menggelar pelayanan paspor kolektif Eazy Passport bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 (lima puluh) orang pemohon yang kesemuanya merupakan calon jamaah haji Kota Surakarta.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Surakarta Dwi Anandita Hari Wibowo mengatakan bahwa Eazy Passport merupakan sebuah inovasi layanan yang terbuka untuk masyarakat umum dalam rangka memberikan kemudahan dan mewujudkan pelayanan prima. Pemohon secara kolektif bisa mengajukan permohona ke kantor imigrasi dan nantinya petugas akan mendatangi pemohon.

Dwi menjelaskan, petugas dengan protokol Kesehatan yang ketat akan mengambil data biometrik berupa foto wajah dan sidik jari pemohon paspor di lokasi yang telah ditentukan.Jam pelayanan juga bisa disepakati antara komunitas pemohon dan petugas.

“Kami bisa melayani baik di jam kerja maupun di luar jam kerja. Seperti hari ini, kami sepakat dengan Kemenag untuk melayani para calhaj pada jam kerja dan kami mendatangi kantor setempat,” jelas Dwi.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Surakarta, Hidayat Maskur. Beberapa pemohon yang masuk dalam usia lansia menyampaikan apresiasi yang sangat positif terhadap pelaksanaan kegiatan Eazy Passport. Hal ini karena mereka tidak perlu repot antre di kantor imigrasi.

Pada sambutannya, Dwi juga menyampaikan pengumuman sekaligus ajakan bagi warga Kota Surakarta dan sekitarnya bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif ke Kantor Imigrasi Surakarta. Pelayanan ini memang dibuka sebagai sebuah inovasi di kala pandemi seperti saat ini.

“ Bagi Bapak atau Ibu yang ingin kantor, perusahaan, komunitas, maupun komplek perumahaannya mendapatkan pelayanan paspor secara kolektif, segera hubungi kami agar bisa kami layani secepatnya,” pungkas Dwi.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024