Berita

Petugas Imigrasi Datangi Polda DI Yogyakarta untuk Beri Pelayanan Eazy Passport

Petugas Imigrasi Datangi Polda DI Yogyakarta untuk Beri Pelayanan Eazy Passport

Rabu, 10 Maret 2021

Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo

Editor: Ade Irma Stefi Ulil Amri

Sleman, Yogyakarta—Sebagai bentuk jemput bola dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberikan pelayanan keimigrasian khususnya penerbitan paspor maka Eazy Passport adalah sebuah jawaban bagi masyarakat yang masih merasa takut atau khawatir tertular Covid-19 namun ingin membuat paspor tanpa perlu ke kantor Imigrasi.

Selasa (9/3) tim pelayanan paspor Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta mendatangi Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Bertempat di Gedung Anton Soedjarwo Polda DIY, pelayanan Eazy Passport yang berlangsung dari jam 08.00 WIB hingga 14.00 WIB kali ini diikuti oleh 50  pemohon paspor yang terdiri dari anggota dan keluarga korps Bhayangkara serta PNS yang bekerja pada Kepolisian Daerah Yogyakarta.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Yogyakarta, Sigit Jatmiko mengatakan, tampak dalam daftar antrean antara lain Dirintelkam Kombes Pol Dr. Tagor Hutapea. S.I.K., M.Si., Kabidhumas Kombes Pol Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., dan Ketua Bhayangkari Daerah Polda DIY Ny Dhani Asep Suhendar. Sebelum pergelaran acara, telah dilaksanakan beberapa kali koordinasi oleh Kantor Imigrasi Yogyakarta dengan Polda Yogyakarta guna membahas teknis pelaksanaan kegiatan seperti tempat, jumlah peserta dan persyaratan yang harus dipenuhi sehingga diharapkan acara dapat berlangsung dengan baik dan tertib serta tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sigit menjelaskan bahwa minat dan antusias pelayanan ini sangatlah tinggi mengingat beberapa kemudahan yang ditawarkan.

"Kalau sesuai dengan rencana di setiap bulannya nanti kita akan selalu mengadakan Eazy Passport ini," ujar Sigit.

Kegiatan Eazy Passport menyasar tidak hanya instansi-instansi pemerintah, namun juga perkantoran pada umumnya serta kampus bahkan juga perumahan. Sigit mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini Kantor Imigrasi Yogyakarta akan mengadakan kegiatan serupa pada komunitas perkawinan campur di Jogja, namun untuk teknis pelaksanaan baik itu waktu maupun tempat belum ditentukan.

Meski proses pelayanan paspor ini dibuat menjadi lebih mudah, artinya pemohon tidak perlu lagi mengantri dan datang ke kantor imigrasi, proses cetak paspor sama seperti pada pelayanan biasanya terkait waktu pengambilan, yaitu 3 hari setelah pembayaran. Pemohon pada kegiatan ini juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai macam pilihan, mulai dari melalui kantor pos, datang ke teller bank, menggunakan mobile banking, atau bahkan melalui marketplace seperti Tokopedia ataupun BukaLapak.

Ada beberapa proses yang dilaksanakan “on-the-spot” pada Eazy Passport di Polda DIY, mulai dari pengisian berkas, pengecekan berkas-berkas, hingga entry data dilanjutkan dengan proses foto dan wawancara sebelum pemohon mendapat bukti bayar PNBP. Eazy Passport diharapkan menjadi salah satu bentuk kemajuan pelayanan publik di bidang keimigrasian yang membuat masyarakat lebih merasa nyaman, aman, dan mudah dalam mengurus permohonan paspor.

Ketua Bhayangkari Polda DIY, Nyonya Dhani Asep Suhendar memberikan apresiasi yang sangat positif terkait inovasi jemput bola dari kantor imigrasi. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini sangat membantu para anggota korps bhayangkara, keluarga, serta PNS dalam mengurus paspor, utamanya terkait masalah waktu

"Sebuah terobosan baru dimana kantor imigrasi yang jemput bola dengan pelayanan Eazy Passport ini, jadi anggota di sini yang mau buat paspor nggak perlu meluangkan waktunya di hari kerja untuk datang ke kantor imigrasi. Apa yang dilakukan kantor imigrasi Yogyakarta ini sangat luar biasa,” ujar Dhani.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024