Berita

Imigrasi Ternate Jemput Bola ke Kantor Urus Pembuatan Paspor Kolektif

Imigrasi Ternate Jemput Bola ke Kantor Urus Pembuatan Paspor Kolektif

Jumat, 16 Juli 2021
Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo
Editor: Ade Irma Stefi

Kantor Imigrasi Kelas I Ternate melakukan layanan pembuatan paspor kolektif dengan cara jemput bola. Imigrasi melakukan pelayanan dengan mendatangi kantor pemerintahan maupun biro travel. Salah satu yang didatangi yakni Kantor Bea Cukai Ternate. Petugas imigrasi melakukan pengisian data dan perekaman kepada karyawan yang membutuhkan paspor baru.

"Untuk mengurai kerumunan terutama di kantor dan menjaga protokol kesehatan, kita menjemput bola. Sebelum Kantor Bea Cukai, kita sudah lakukan di beberapa instansi vertikal ada 10 instansi termasuk juga travel umroh yang kita datangi," kata Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian Kelas I Ternate, Valentinus Lucky, Rabu (14/7/2021). 

Lucky menambahkan, untuk mendapatkan pelayanan paspor kolektif, masyarakat terlebih dulu mengajukan permohonan dengan melampirkan berkas yang diperlukan ke kantor imigrasi.

Setelah berkas lengkap, petugas akan mendatangi kantor masyarakat itu."Untuk di Bea Cukai ini ada 11 orang, 10 orang permohonan baru, satunya permohonan penggantian paspor," ujarnya.

Semester I tahun 2021 ini, Imigrasi Ternate telah menerbitkan 257 paspor. Kebanyakan layanan yang diberikan untuk pembuatan paspor baru. "Keseluruhan ada 257, dari 144 itu pengajuan paspor baru, lalu untuk 113 pengantian paspor. Jadi totalnya 257 paspor," kata dia.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024