Berita

Kantor Imigrasi Makassar Buka Pelayanan Paspor Kolektif di Universitas Hasanuddin

Kantor Imigrasi Makassar Buka Pelayanan Paspor Kolektif di Universitas Hasanuddin

Kamis, 22 Juli 2021
Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo
Editor: Ade Irma Stefi

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar bekerja sama Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin menghadirkan pelayanan paspor kolektif Eazy Passport pada Kamis (22/07/2021) di Baruga Prof. Baharuddin Lopa, FH Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.  Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Imigrasi Makassar Arifandi mengatakan pelayanan paspor kolektif ini merupakan bagian dari kegiatan bertajuk "Imigrasi Makassar Goes to Unhas" yang berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di tempat yang sama.

Eazy Passport merupakan pelayanan pembuatan paspor kolektif yang dilakukan tanpa perlu berkunjung ke Kantor Imigrasi, melainkan para petugas imigrasi yang mengunjungi pemohon yang telah mengajukan layanan. Arifandi mengungkapkan pelayanan jemput bola ini menjadi wujud nyata dari sinergi yang kuat dengan para mitra termasuk Unhas. Dirinya mengatakan, Eazy Passport bagian dari komitmen Kemenkumham dalam menghadirkan layanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.  Kantor imigrasi memberikan pelayanan Eazy Passport minimal 50 permohonan setiap harinya, hanya melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor habis masa berlaku, tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak. "Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar melakukan jemput bola pembuatan paspor kepada masyarakat sesuai permintaan. Pemohon paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi, tetapi petugas imigrasi yang datang. Untuk tingkat Universitas di sini, baru Unhas yang pertama melakukannya," ungkap Arifandi. 

Arifandi berharap, kegiatan ini dapat diperluas untuk menjangkau banyak masyarakat, khususnya para sivitas akademika Unhas. Tidak hanya itu, dia juga memberikan apresiasi kepada Fakultas Hukum Unhas yang telah memberikan dukungan dan memfasilitasi pelayanan Eazy Passport untuk menjangkau para dosen, mahasiswa maupun alumni. “Pelayanan Eazy Passport di Unhas hari ini berlangsung hingga pukul 14.00 Wita dengan jumlah peserta sebanyak 62 orang,” tuturnya. Dekan FH Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum., menjelaskan layanan tersebut hadir di Unhas dengan tujuan lebih mendekatkan serta memudahkan kepada masyarakat utamanya para sivitas akademika Unhas dalam membuat paspor, penggantian serta mengkonversi menjadi e-paspor. "Hadirnya layanan Eazy Passport di Unhas salah satunya karena adanya peran dari alumni. Kebetulan banyak alumni kami yang saat ini mengabdikan diri di Kantor Imigrasi. Kita berharap fasilitas ini mampu menjangkau banyak elemen masyarakat sekaligus bentuk dukungan FH Unhas terhadap layanan tersebut yang tentu sangat membantu ditengah situasi seperti sekarang," jelas Prof. Farida.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024