Berita

Semakin Mudah! Ini Cara Cek Visa Online

Semakin Mudah! Ini Cara Cek Visa Online

Merencanakan waktu berlibur bersama keluarga sudah pasti terasa sangat menyenangkan. Tentunya, Anda sudah mempersiapkan rencana yang matang, mulai dari daftar tempat yang ingin dikunjungi maupun aktivitas seru yang ingin dilakukan. Namun, saat akan berlibur ke sebuah negara, ada satu dokumen yang tidak boleh terlewatkan, yaitu visa. Visa merupakan dokumen resmi yang memungkinkan seorang warga negara memasuki wilayah negara lain atas seizin pemerintah negara tujuan. Tentunya, tanpa adanya visa Anda tidak diperbolehkan memasuki negara tersebut. Pengajuan visa bisa memakan beberapa hari hingga hitungan bulan. Untungnya, saat ini cara mengecek visa jadi semakin mudah dengan adanya layanan cek visa online. Berikut ulasan lengkapnya. Bagaimana Cara Cek Visa Online? Menunggu kepastian diterimanya permohonan pembuatan visa memang sangat mendebarkan. Beberapa tahun yang lalu, Anda harus datang langsung ke kantor imigrasi untuk menanyakan apakah permohonan visa diterima atau tidak. Ini tentunya sangat memakan waktu, biaya, dan tenaga, apalagi bagi Anda yang berada di luar kota. Untungnya, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini semakin memudahkan Anda, salah satunya adalah kemudahan untuk cek visa online. Berikut adalah beberapa cara mengecek visa online yang bisa Anda lakukan: Melalui Situs Resmi Imigrasi Salah satu cara pengecekan visa secara online yang paling cepat adalah dengan mengakses laman resmi Visa Imigrasi. Simak langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, Anda bisa mengakses situs visa.imigrasi.go.id melalui perangkat HP, komputer PC, maupun laptop
  2. Setelah laman terbuka, masukkan nomor permohonan yang Anda dapatkan saat mengajukan permohonan visa. Cukup masukkan nomor permohonan tersebut dengan digit nomor yang sesuai
  3. Setelah memastikan nomor permohonan sudah benar, klik tombol “Cari”
  4. Tunggu beberapa saat hingga situs selesai memproses permintaan Anda. Apabila kombinasi nomor permohonan dan penguasaan sudah benar, maka laman akan langsung menampilkan status permohonan visa Anda.
Melalui Email Umumnya, permohonan visa online yang diterima akan ditandai dengan adanya email pemberitahuan dari kedutaan besar negara yang ingin Anda kunjungi yang melampirkan dokumen e-Visa yang Anda mohonkan. Namun, tidak adanya email tersebut bukan berarti permohonan visa Anda ditolak. Untuk mengetahui secara pasti, berikut adalah langkah-langkah pengecekan status visa secara online melalui email:
  • Pertama-tama, masuklah ke dalam situs resmi Visa Imigrasi Indonesia di visa-online.imigrasi.go.id. Anda bisa login ke dalam akun dengan menggunakan HP, laptop, atau komputer PC
  • Selanjutnya, login dengan menggunakan username dan kata sandi yang sudah Anda buat saat registrasi akun
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Buat Permohonan”, dan baca secara teliti persyaratan dan ketentuan yang ditampilkan
  • Selanjutnya, pilih jenis visa yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan kepergian Anda ke luar negeri. Misalnya, bagi Anda yang ingin sekadar berlibur bisa memilih visa turis. Visa pelajar diperuntukkan bagi mereka yang ingin menuntut ilmu, sedangkan visa kerja diperuntukkan bagi mereka yang akan bekerja di luar negeri atas instruksi perusahaan
  • Isi formulir yang disediakan dengan data pribadi pemohon, beserta dokumen yang dibutuhkan
  • Setelah formulir dikirimkan, barulah Anda melakukan pembayaran secara online dengan metode transfer
  • Tunggu selama 2-5 hari kerja terhitung dari saat pengajuan. Namun, perlu dipahami bahwa proses pengajuan visa bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Apabila permohonan visa sudah disetujui atau ditolak, maka Anda akan mendapatkan pesan email. Jadi, pastikan Anda mencantumkan alamat email yang benar.
Demikianlah beberapa langkah mudah cek visa online. Bagi WNA yang hendak singgah atau tinggal di Indonesia sementara waktu, juga bisa mengajukan permohonan visa secara online. Pengajuan visa online ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan layanan dari Modul Lalu Lintas Orang Asing (Molina) Imigrasi. Untuk detail persyaratan dan cara pengajuan visa online ke Indonesia, Anda dapat mengunjungi situs resmi molina.imigrasi.go.id.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024