Berita

Mobil Pelayanan Keimigrasian Siap Sambangi Pemohon Paspor di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah Hingga Akhir Tahun

Mobil Pelayanan Keimigrasian Siap Sambangi Pemohon Paspor di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah Hingga Akhir Tahun

JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi memberikan fasilitas mobil pelayanan keimigrasian kepada kantor-kantor imigrasi di provinsi Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan fasilitas mobil tersebut, kantor imigrasi dapat membuka kuota pelayanan paspor tambahan dan melayani masyarakat secara mobile (berpindah-pindah) sesuai kebutuhan.

“Kami mengamati tren minat masyarakat terhadap paspor yang terus meningkat. Selain Jakarta, di Banten, Jawa Barat dan Jawa tengah antusiasmenya juga tinggi. Oleh karena itu, fasilitas mobil pelayanan keimigrasian ini kita adakan hingga akhir tahun 2024 untuk mendekatkan dan memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan paspor,” ujar Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Felucia Sengky Ratna pada Senin (29/04/2024).

Sengky menjelaskan, mobil pelayanan keimigrasian hanya melayani permohonan paspor baru serta permohonan penggantian paspor. Sementara itu, penggantian paspor dengan alasan rusak atau hilang harus dilakukan di kantor imigrasi. 

Untuk informasi lokasi pelayanan paspor dengan mobil pelayanan keimigrasian, jangka waktu pelayanan serta jumlah kuota yang disediakan, masyarakat bisa langsung menghubungi kantor imigrasi terdekat melalui kanal media sosial resmi maupun nomor telepon/WhatsApp kantor imigrasi. Selain mengurus paspor, masyarakat juga dapat mendatangi mobil pelayanan keimigrasian untuk berkonsultasi dengan petugas mengenai layanan-layanan keimigrasian lainnya.

Adapun daftar kantor imigrasi yang melaksanakan layanan paspor dengan mobil pelayanan keimigrasian adalah sebagai berikut:

1. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang;

2. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang;

3. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung;

4. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon;

5. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tasikmalaya;

6. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang;

7. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi;

8. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor;

9. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok;

10. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi;

11. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur;

12. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang;

13. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang;

14. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta;

15. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati;

16. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap;

17. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo.

“Imigrasi berkomitmen untuk terus aktif menjangkau masyarakat dengan berbagai program, salah satunya layanan paspor dengan format jemput bola seperti ini. Masyarakat dapat mengajukan agar kantor imigrasi mendatangi lokasi seperti perumahan, perkantoran, universitas hingga sekolah misalnya, untuk memproses permohonan paspor secara kolektif dengan nyaman dan cepat,” pungkas Sengky.

 

Terakhir diperbaharui 04 September 2024