Berita

WNI dan Warga Jepang Sambut Antusias Pesta Indonesia Fukuoka 2024

WNI dan Warga Jepang Sambut Antusias Pesta Indonesia Fukuoka 2024

Fukuoka, Jepang – Pesta Indonesia Fukuoka 2024 yang berlangsung di Tenjin Central Park pada 12-13 Oktober 2024 sukses menarik perhatian masyarakat, tidak hanya warga Indonesia yang berada di Jepang, namun penduduk lokal menyambut hangat kegiatan ini. Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Indonesia-Japan friendship day yang dirangkaikan dengan berbagai susunan acara demi memperkenalkan budaya Indonesia.

Acara resmi dibuka oleh Wakil Duta Besar KBRI Tokyo, Maria Renata Hutagalung. Selanjutnya diisi dengan berbagai pentas seni, kuliner, dan budaya Indonesia. Selama dua hari, pengunjung disuguhkan berbagai atraksi kebudayaan. “Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Kota Fukuoka, salah satu ajang untuk mempromosiakan kearifan budaya nusantara. Dari sini kelihatan juga minat warga setempat terhadap budaya dan kuliner kita yah, banyak WN Jepang yang buka tenant makanan Indonesia, jualan rendang, nasi goreng dan lainnya. Kami berusaha selalu memberikan dukungan penuh pada kegiagan seperti ini, ada pelayanan penerbitan 501 paspor untuk WNI yang berada di wilayah Kota Fukuoka dan sekitarnya”. Jelas Atase Imigrasi KBRI Tokyo, Arya Pradhana Anggakara

Selain itu, sebagai rangkaian dalam kegiatan ini tim KBRI Tokyo juga memberikan layanan teknis kekonsuleran, pencatatan kedatangan, lagalisasi dokumen administratif serta berpartisipasi dalam public expo dengan membuka pelayanan informasi keimigrasian  dan informasi lainnya, dilakukan sosialisasi mengenai berbagai kebijakan keimigrasian seperti 7 jenis Golden Visa, E-VOA, serta pembagian cendera mata bertema budaya Indonesia. 

Angga menambahkan “semoga kehadiran kami dapat memudahkan pemberian layanan bagi WNI yang berada di wilayah Fukuoka dan sekitarnya”
Dengan adanya layanan reachout seperti ini, memberikan kemudahan akses, efisiensi waktu dan biaya bagi WNI di sekitar Fukuoka mengingat jarak tempuh yang cukup jauh menuju Kota Tokyo. 

Kegiatan ini mendapatkan antusiasme tinggi, dengan lebih dari 2000 pengunjung yang hadir dan partisipasi warga Jepang yang menunjukkan minat besar terhadap budaya Indonesia. Pesta Indonesia Fukuoka 2024 menjadi langkah penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, serta membuka peluang kerjasama yang bonafit bagi kedua pihak.

Terakhir diperbaharui 15 Oktober 2024