Berita

Syarat dan Cara Pembuatan Visa Australia yang Wajib Anda Ketahui

Syarat dan Cara Pembuatan Visa Australia yang Wajib Anda Ketahui

Australia adalah salah satu negara tetangga yang kerap menjadi destinasi bagi kalangan pelajar Indonesia. Negara Kangguru ini memang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam hal memberikan beasiswa kuliah atau sekolah yang tak pernah sepi peminat. Tak hanya itu, Australia juga kerap kali dibanjiri oleh wisatawan Indonesia yang ingin menikmati keindahan pesona alam dan kebudayaannya. Sebelum mengatur keberangkatan ke Australia, pastikan semua dokumen Anda sudah lengkap. Salah satunya adalah mengajukan pembuatan visa australia. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan visa ke Australia yang benar.

Apa Itu Visa?

Sebelum mengetahui syarat serta cara pengajuan visa yang tepat, Anda wajib tahu terlebih dahulu mengenai apa itu visa Australia? Pada dasarnya, visa Australia merupakan sebuah dokumen yang memuat keterangan izin untuk memasuki wilayah negara Australia yang sudah disetujui oleh pemerintah negara tersebut. Ada beberapa jenis visa yang bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Misalnya, visa pelajar, visa kerja, dan lain sebagainya. Apabila Anda sudah memiliki visa, pastikan visa tersebut masih valid sebelum merencanakan keberangkatan. Apabila waktu berlaku visa sudah habis, maka Anda wajib melakukan perpanjangan terlebih dulu jauh hari sebelum waktu keberangkatan.  Tanpa adanya visa, tentunya Anda jadi tidak bisa memasuki negara Australia.

Syarat Mengajukan Visa Australia

Bagi Anda yang ingin mengajukan visa untuk ke Australia, berikut adalah beberapa persyaratan yang wajib untuk dipenuhi:
  • Formulir pengajuan visa dari situs resmi Kedutaan Besar Australia di Indonesia (indonesia.embassy.gov.au). Isi formulir tersebut dengan informasi yang diminta dan sesuai dengan data pemohon
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  • 2 (dua) lembar pas foto ukuran 4x6 berlatar belakang putih
  • Fotokopi paspor yang memiliki masa berlaku minimal 6 bulan (bagian yang harus difotokopi adalah halaman depan, halaman belakang, halaman stempel, dan visa)
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Laporan kartu kredit dan slip gaji selama 3 bulan terakhir
  • Dokumen tambahan, seperti: rencana perjalanan atau travel itinerary selama berada di Australia, surat keterangan kesediaan untuk pulang kembali ke Indonesia, bukti transaksi pemesanan hotel, dan surat rekomendasi yang dibuat oleh keluarga, teman, atau rekan kerja yang menyetujui keberangkatan Anda ke Australia.

Cara Mengajukan Permohonan Visa Australia

Setelah semua persyaratan lengkap, langkah selanjutnya adalah Anda perlu untuk melakukan permohonan visa Australia ke Kedutaan Besar. Simak langkah-langkahnya berikut:

Datang ke Australia Visa Application Centre (AVAC)

Langkah pertama untuk pengajuan visa Australia adalah dengan mengunjungi kantor AVAC yang berada di Kota Jakarta dan Kota Bali. Apabila Anda tidak berdomisili di dua kota tersebut, pengajuan visa juga bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengunjungi laman resmi Australia Government Department of Home Affairs. Sebelumnya, Anda harus memiliki ImmiAccount yang bisa dibuat di situs immi.gov.au. Setelah berhasil login, ikuti semua petunjuk yang diberikan dan unggah dokumen yang dibutuhkan.

Lakukan Pembayaran untuk Pembuatan Visa Australia

Selain membawa atau mengunggah dokumen pembuatan visa yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Bagi Anda yang mengajukan visa turis Australia, akan diminta pembayaran sebesar 105 dolar Australia, atau sekitar Rp1.000.000. Untuk jenis business visitor visa, maka biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 150 dolar, atau Rp1.500.000. Pembayaran untuk jenis permohonan visa online bisa dilakukan dengan transfer melalui PayPal atau UnionPay. Apabila permohonan visa disetujui, maka Anda bisa langsung mendatangi kantor AVAC untuk melengkapi dokumen tambahan. Bagi Anda yang melakukan pengajuan secara online akan menerima e-mail berisi e-Visa atau visa Australia dalam bentuk digital. Tidak hanya di Australia, e-Visa ini juga diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia. Bagi WNA yang hendak berlibur ke Indonesia, bisa mengajukan e-VoA (electronic Visa on Arrival) melalui situs resmi molina.imigrasi.go.id.

Terakhir diperbaharui 17 Januari 2024